Mengenali Bimbingan Konseling

MENGENALI BIMBINGAN KONSELING

Baca Juga: Layanan BK

Bimbingan merupakan salah satu bidang dan program dari pendidikan dan ditujukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan siswa. Bimbingan merupakan seluruh program atau kegiatan dan layanan dalam lembaga pendidikan yang diarahkan dalam membantu individu agar mereka dapat menyusun dan melaksanakan rencana serta melakukan penyesuaian diri dalam semua aspek kehidupan. Konseling merupakan tekhnik dalam bimbingan yang dapat memberikan perubahan mendasar, yaitu mengubah sikap, perbuatan, pemikiran, pandangan, dan perasaan. Karakteristik konseling sebagai berikut:

1.  Konseling tidak sama dengan pemberian nasehat, karena pemberian nasehat proses berpikir ada dan diberikan oleh penasehat, sedangkan dalam konseling proses berpikir dan pemecahan ditemukan dan dilakukan oleh klien.

2.  Konseling mengusahakan perubahan-perubahan yang bersifat fundamental yang berkenaan dengan pola-pola hidup.

3.    Konsleing lebih menyangkut sikap daripada perbuatan atau tindakan.

4.   Konseling lebih berkenaan dengan penghayatan emosional daripada pemecahan intelektual.

5.    Konseling menyangkut juga hubungan klien dengan orang lain. 

Baca Juga: Tips dan Trik Penyusunan Program BK

Program bimbingan dan konseling kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai sesuatu. Program merupakan bagian dari kurikulum. Program dalam layanan bimbingan dan konseling merupakan rencana menyeluruh dari aktivitas suatu lembaga atau unit yang berisi layanan-layanan yang terencana beserta waktu pelaksanaan dan penyelenggaraannya. Dengan kata lain, program dalam layanan bimbingan dan konseling sebagai seperangkat rencana kerja bimbingan yang disusun secara sistematis dan terencana, berdasarkan kompetensi yang diharapkan.

Landasan psikologis program bimbingan dan konseling yaitu agar perkembangan peserta didik dapat berlangsung dengan baik, dan terhindar dari munculnya masalah-masalh psikologis sehingga perlu diberikan bantuan secara pribadi. Ppentingnya landasan psikologis yaitu dapat memberikan pemahaman bagi konselor tentang perilaku individu. Dari definisi program bimbingan dan konseling diatas, maka dapat dideskripsikan secara terperinci mengenai gambaran dari program bimbingan dan konseling perkembagan tersebut, yaitu:

  • Program bimbingan dan konseling perkembangan menyediakan serangkaian program untuk setiap jenjang kelas.
  • program bimbingan dan konseling perkembnagan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk mempelajari berbagai keterampilan, pengetahuan, dan berbagai sikap-sikap yang diperlukan untuk perkembangan yang sehat.
  • Program bimbingan dan konseling perkembangan menjadi bagian dari keseluruhan program sekolah.
  • Program bimbingan dan konseling perkembangan menjadi bagian keseluruhan program sekolah.
  • Program bimbingan dan konseling perkembangan melibatkan skluruh staf sekolah , orang tua,dan sejumlah komunitas terkait.

Baca Juga: Yuk Kenali Pengungkapan Diri

Konselor (guru bimbingan dan konseling) mempunyai peran yang sama dalam mendidik siswa. Konselor perlu menyusus program Bimbingan dan Konseling (BK) secara sistematis dan menyentuh kebutuhan anak agar dapat membantu mereka mencapai perkembangan secara optimal. Program Bimbingan dan Konseling (BK) Komprehensif merupakan bentuk panduan bagi konselor sekolah dalam membantu siswa mencapai tugas perkembangan dan potensinya. Karakteristik program bimbingan dan konseling di sekolah sebagai berikut:

  • Penyusunan program hendaknya didasarkan pada analisis kebutuhan subjek sasaran.
  • Pemenuhan alat perlengkapan secara memadai.
  • Program BK mudah di implementasikan, sehingga memuat strategi dan taktik.
  • Program BK mudah untuk dievaluasi dan monitoring.
  • Pelaksanaan program BK secara fleksibel, mudah disesuaikan dengan keadaan dan waktu.
  • Penciptaan suasana kerjasama
  • Program BK dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai.
  • Program BK menjamin keseimbangan dalam layanannya.

Referensi:

Hikmawati, F. (2011). Bimbingan dan Konseling.  Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Anni, C. T. (2012). Need Assesment model penyusunan program bimbingan dan konseling bidang bimbingan belajar berbantuan sistem informasi manajemen di SMA Negeri Kota Semarang. Educational Management. 1(1). 96-106. ISSN: 2252-7001.

Kholil, M. I., Sugiharto, D, Y, P., & Mulawarman. (2017). Model Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif  di Taman Kanak-kanak. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 159-166. ISSN: 2252-6889.

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenali Bimbingan Konseling"

Posting Komentar