LAYANAN BK
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sudrajat
(2008) mengemukakan bahwa layanan bimbingan dan konseling sebagai berikut:
1. Layanan Orientasi
Layanan orientasi
merupakan layanan yang memungkinan peserta didik memahami lingkungan baru,
terutama lingkungan sekolah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk mempermudah dan
memperlancar berperannya peserta didik di lingkungan yang baru itu,
sekurang-kurangnya diberikan dua kali dalam satu tahun yaitu pada setiap awal
semester. Tujuan layanan orientasi merupakan agar peserta didik dapat
beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru secara tepat dan
memadai, yang berfungsi untuk pencegahan
dan pemahaman.
Baca Juga: Tips dan Trik Penyusunan Rencana BK
2. Layanan Informasi
Layana informasi merupakan
layanan yang memungkinan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi
(informasi belajar, pergaulan, karier, pendidikan lanjutan). Tujuan layanan informasi yaitu untuk membantu
peserta didik agar dapat
mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu, dalam bidang pribadi, sosial,
belajar maupun karier berdasarkan informasi yang diperolehnya yang memadai. Layanan
informasi pun berfungsi untuk pencegahan
dan pemahaman.
3. Layanan Pembelajaran
Layanan pembelajaran merupakan merupakan layanan yang memungkinan peserta didik mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai materi belajar atau penguasaan kompetensi yang cocok dengan kecepatan dan kemampuan dirinya serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Layanan pembelajaran berfungsi untuk pengembangan.
Baca Juga: Yuk Kenali Apa Itu Prasangka
4. Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan penempatan dan penyaluran merupakan
layanan yang memungkinan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran di
dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang,
kegiatan ekstra kurikuler, dengan tujuan
agar peserta didik dapat mengembangkan segenap bakat, minat dan segenap
potensi lainnya. Layanan Penempatan
dan Penyaluran berfungsi untuk pengembangan.
5. Layanan Konseling Perorangan
Layanan
konseling perorangan merupakan layanan yang memungkinan peserta
didik mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) untuk
mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dan perkembangan dirinya. Tujuan
layanan konseling perorangan merupakan agar peserta didik dapat
mengentaskan masalah yang dihadapinya. Layanan
Konseling Perorangan berfungsi untuk pengentasan dan advokasi.
Baca Juga: Yuk Kenali Pengungkapan Diri
6. Layanan Bimbingan Kelompok
Layanan bimbingan kelompok merupakan
layanan yang memungkinan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui
dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan (topik) tertentu
untuk menunjang pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial, serta untuk
pengambilan keputusan atau tindakan tertentu melalui dinamika kelompok, dengan tujuan agar peserta didik dapat
memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan (topik) tertentu untuk menunjang
pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial, serta untuk pengambilan keputusan
atau tindakan tertentu melalui dinamika
kelompok. Layanan Bimbingan Kelompok berfungsi untuk pemahaman dan
pengembangan
7. Layanan Konseling Kelompok
Layanan
konseling kelompok merupakan layanan yang memungkinan peserta
didik (masing-masing anggota kelompok) memperoleh kesempatan untuk pembahasan
dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok, dengan tujuan agar peserta didik dapat
memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi
melalui dinamika kelompok. Layanan Konseling Kelompok berfungsi untuk
pengentasan dan advokasi.
Baca Juga: Perkembangan Emosi
Referensi:
Sudrajar, A. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. http://www.academia.edu/download/41380793/bimbingan-dan-konseling-di-sekolah.doc.
0 Response to "LAYANAN BK"
Posting Komentar