FLOW DAN PRESTASI AKADEMIK
Flow dan Prestasi Akademik Mahasiswa
Prestasi akademik merupakan hasil belajar
atau kemampuan yang dicapai oleh mahasiswa setelah melakukan kegiatan belajar. Salah
satu faktor yang memengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa yaitu flow. Yuwanto, dkk (Arif, 2013)
mengemukakan bahwa flow dapat memberikan manfaat bagi mahasiwa untuk
lebih fokus, kreatif, mudah menyerap materi perkuliahan, sehingga berdampak
pada hasil pembelajaran yang optimal.
Zenzen (Arif, 2013) mengemukakan bahwa
setiap peserta didik memiliki kebutuhan untuk mencapai keinginan, sehingga
mendorong mereka untuk menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa memperhatikan
kesulitan yang ada. Ketidaknyamanan dalam mengerjakan tugas yang diberikan
membuat individu tidak flow dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan oleh Arif (2013) menunjukkan bahwa flow dapat
mencakup kenyamanan individu dalam melakukan aktivitas akademik, konsentrasi,
dan motivasi yang bersumber dari dalam diri untuk melakukan bahkan
menyelesaikan aktivitas akademik.
.png)
Baca Juga: Contoh Laporan Mini Riset
Fullagar dan Kelloway (Gatari, 2020)
mengemukakan bahwa individu yang mengalami flow lebih tinggi akan merasa
lebih senang, bersemangat, dan fokus dalam menyelesaikan aktivitas yang
dilakukan. Ketika mahasiswa mengalami flow dalam kegiatan akademik
mereka akan menyadari untuk memperluas kemampuan dan keterampilan serta
memberikan pengaruh positif pada aktivitas akademik yang dilakukan. Prihandrijani
(Gatari, 2020) mengemukakan bahwa mahasiswa yang memiliki flow akademik
yang rendah menunjukkan sikap kurang antusias ketika mengikuti proses belajar
dan penyelesaian tugas akademiknya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh
Rathunde dan Shernoff (Putri, 2016) menunjukkan bahwa ada huhungan positif
antara flow dan peningkatan pembelajaran pada remaja, dewasa muda, dan
siswa SMA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sumaya dan Darling (Lasmana,
2018) menunjukkan bahwa individu yang mengalami flow dalam kegiatan
belajarnya memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding dengan individu yang
tidak dalam pengalaman flow saat belajar. Penelitian yang dilakukan oleh
Jannah dan Badrus (2020) menunjukkan bahwa ada hubungan posisitf antara flow
akademik dengan prestasi belajar PAI terjadi karena dalam keadaan flow individu
akan lebih fokus dalam belajar sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik.
Baca Juga: Psikologi Positif
Flow memiliki dampak positif
terhadap performa belajar pada setiap individu. Shernoff (Gatari, 2020)
mengemukakan bahawa individu yang mengalami flow memiliki keinginan
untuk terlibat di dalam proses belaja, sehingga dapat meningkatkan performa
dalam prestasi akademik. Individu akan lebih bersemangat ketika mendapatkan
tugas yang cukup menantang. Flow berdampak pada kinerja yang lebih baik
dibandingkan jika tidak mengalami flow. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan oleh Putri (2016) menunjukkan bahwa ada hubungan antara flow dengan
prestasi belajar pada mahasiswa. Individu yang mencapai kondisi flow akan
mendapatkan manfaat seperti produktivitas dan hasil kerja yang baik.
REFERENSI
Arif,
K. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan flow akademik. Calyptra:
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(1), 1-12.
Gatari,
A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. 8(10).
ISSN: 2685-8428.
Jannah, E. R.,
& Badrus. (2020). Analisis korelasi
self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI di smk YPM (Yayasan
Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Jurnal Intelektual: Jurnal
Pendidikan dan Studi Keislaman. 10(1), 17-26.
Lasmana,
T. (2018). Hubungan flow terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi
psikologi universitas X. Temu Ilmiah Psikologi Positif: Universitas Pertamina
Jakarta.
Putri,
E. M. R. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan
prestasi belajar matematika siswa SMA. Calypra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Surabaya. 5(1).
0 Response to "FLOW DAN PRESTASI AKADEMIK"
Posting Komentar