FLOW DAN PRESTASI AKADEMIK

Flow dan Prestasi Akademik Mahasiswa

      Prestasi akademik merupakan hasil belajar atau kemampuan yang dicapai oleh mahasiswa setelah melakukan kegiatan belajar. Salah satu faktor yang memengaruhi prestasi belajar pada mahasiswa yaitu flow. Yuwanto, dkk (Arif, 2013) mengemukakan bahwa flow dapat memberikan manfaat bagi mahasiwa untuk lebih fokus, kreatif, mudah menyerap materi perkuliahan, sehingga berdampak pada hasil pembelajaran yang optimal.

       Zenzen (Arif, 2013) mengemukakan bahwa setiap peserta didik memiliki kebutuhan untuk mencapai keinginan, sehingga mendorong mereka untuk menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa memperhatikan kesulitan yang ada. Ketidaknyamanan dalam mengerjakan tugas yang diberikan membuat individu tidak flow dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Arif (2013) menunjukkan bahwa flow dapat mencakup kenyamanan individu dalam melakukan aktivitas akademik, konsentrasi, dan motivasi yang bersumber dari dalam diri untuk melakukan bahkan menyelesaikan aktivitas akademik.


Baca Juga: Contoh Laporan Mini Riset

       Fullagar dan Kelloway (Gatari, 2020) mengemukakan bahwa individu yang mengalami flow lebih tinggi akan merasa lebih senang, bersemangat, dan fokus dalam menyelesaikan aktivitas yang dilakukan. Ketika mahasiswa mengalami flow dalam kegiatan akademik mereka akan menyadari untuk memperluas kemampuan dan keterampilan serta memberikan pengaruh positif pada aktivitas akademik yang dilakukan. Prihandrijani (Gatari, 2020) mengemukakan bahwa mahasiswa yang memiliki flow akademik yang rendah menunjukkan sikap kurang antusias ketika mengikuti proses belajar dan penyelesaian tugas akademiknya.

       Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rathunde dan Shernoff (Putri, 2016) menunjukkan bahwa ada huhungan positif antara flow dan peningkatan pembelajaran pada remaja, dewasa muda, dan siswa SMA. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sumaya dan Darling (Lasmana, 2018) menunjukkan bahwa individu yang mengalami flow dalam kegiatan belajarnya memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding dengan individu yang tidak dalam pengalaman flow saat belajar. Penelitian yang dilakukan oleh Jannah dan Badrus (2020) menunjukkan bahwa ada hubungan posisitf antara flow akademik dengan prestasi belajar PAI terjadi karena dalam keadaan flow individu akan lebih fokus dalam belajar sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik.

Baca Juga: Psikologi Positif

       Flow memiliki dampak positif terhadap performa belajar pada setiap individu. Shernoff (Gatari, 2020) mengemukakan bahawa individu yang mengalami flow memiliki keinginan untuk terlibat di dalam proses belaja, sehingga dapat meningkatkan performa dalam prestasi akademik. Individu akan lebih bersemangat ketika mendapatkan tugas yang cukup menantang. Flow berdampak pada kinerja yang lebih baik dibandingkan jika tidak mengalami flow. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Putri (2016) menunjukkan bahwa ada hubungan antara flow dengan prestasi belajar pada mahasiswa. Individu yang mencapai kondisi flow akan mendapatkan manfaat seperti produktivitas dan hasil kerja yang baik. 

REFERENSI

Arif, K. (2013). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan flow akademik. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2(1), 1-12.

Gatari, A. (2020). Hubungan stres akademik dengan flow akademik pada mahasiswa. 8(10). ISSN: 2685-8428.

Jannah, E. R., & Badrus. (2020).  Analisis korelasi self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI di smk YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 10(1), 17-26.

Lasmana, T. (2018). Hubungan flow terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi psikologi universitas X. Temu Ilmiah Psikologi Positif: Universitas Pertamina Jakarta.

Putri, E. M. R. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA. Calypra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 5(1). 






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FLOW DAN PRESTASI AKADEMIK"

Posting Komentar