CONTOH LAPORAN MINI RISET

 MINI RISET

A.    Identifikasi Variabel

       Peneitian ini bertujuan mengetahui minat pembelian konsumen  pada produk fresh drink. Adapun variabel dalam penelitian ini, yaitu: Variabel Penelitian: Produk minuman  fresh drink

B.     Definisi Operasional

       Minat pembelian konsumen  pada produk fresh drink diukur dengan menggunakan kuesioner yang disusun oleh peneliti berupa pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Kuesioner terdiri dari 8 pertanyaan, diantaranya 6 aitem pertanyaan tertutup dan 2 aitem pertanyaan terbuka.

Baca Juga: Teori Umpan Balik

C.    Responden Penelitian

      Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dari fresh drink. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan link google form ketika berbelanja di outlet fresh drink.

D.    Hasil Penelitian

       Deskripsi data data penelitian di peroleh berdasarkan kategorisasi variabel dengan menggunakan jawaban dari responden.

1.      Deskripsi Responden Penelitian

       Responden dalam penelitian merupakan konsumen fresh drink. Responden dalam penelitian berjumlah 33 orang yang berusia 16-34 tahun. Berikut ini adalah gambaran deskripsi responden.

a.       Dekripsi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

  Tabel 1. Deskripsi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin

No.

Jenis Kelamin

Jumlah Responden

Persentase (%)

1

Perempuan

29

85

2

Laki-laki

5

15

Jumlah

34

100%

       Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa dari 34 responden penelitian, terdapat 29 orang atau 85% responden berjenis kelamin perempuan dan 5 orang atau 15% responden berjenis kelamin laki-laki, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar subjek dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Sugesti terhadap Kepercayaan Diri

b.      Dekripsi Responden Berdasarkan Usia

Tabel 2. Deskripsi Responden Berdasarkan Usia

No.

Usia

Jumlah Responden

Persentase (%)

1

16

3

9

2

17

16

47

3

18

7

21

4

19

1

3

5

21

1

3

6

23

2

6

7

29

1

3

8

31

1

3

9

34

1

3

Jumlah

34

100%

        Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa dari 34 responden penelitian, terdapat 3 orang atau 9% responden berusia 16 tahun, 16 orang atau 47% responden berusia 17 tahun, 7 orang atau 21% responden berusia 18 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 19 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 21 tahun, 2 orang atau 6% responden berusia 23 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 24 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 29 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 31 tahun, dan 1 orang atau 3% responden berusia 34 tahun, sehingga dapat disimpulakn bahwa sebagian besar responden dalam penelitian ini berusia 17 tahun.

2.      Deskripsi Data Peneltian

a.       Deskripsi Respon Konsumen

      Kuesioner riset pasar ini terdiri dari 8 pertanyaan untuk melihat respon konsumen setelah pembelian minuman fresh drink. Respon konsumen dapat dilihat pada tabel berikut.

Baca Juga: Teori Bahasa Part 1

Tabel 3. Deskripsi Respon Konsumen setelah Pembelian

No.

Kategori

Jumlah Responden

Pesentase(%)

1

Suka

32

94

2

Biasa Saja

2

6

3

Tidak Suka

-

-

Jumlah

34

100%

       Data pada tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 32 orang atau 94% menyukai produk fresh drink dan 2 orang atau 6% orang biasa saja terhadap produk fresh drink, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyukai produk fresh drink.

b.      Deskripsi Kuantitas Pembelian Produk Fresh Drink

       Kuantitas pembelian produk fresh drink dalam satu pekan dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 4. Deskripsi Kuantitas Pembelian Produk Fresh Drink

No.

Kategori

Jumlah Responden

Pesentase(%)

1

Setiap Hari

3

9

2

1 Kali/Pekan

9

26

3

2 Kali/Pekan

11

32

4

3 Kali/Pekan

4

12

5

4 Kali/Pekan

7

21

Jumlah

34

100%

       Data pada tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 3 orang atau 9% yang setiap hari berkunjung ke outlet  fresh drink , 9 orang atau 26% yang 1 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet  fresh drink, 11 orang atau 32% yang 2 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet  fresh drink, 4 orang atau 12% yang 3 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet  fresh drink, dan 7 orang atau 21% yang 1 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet  fresh drink, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden mengunjungi outlet fresh drink 2 kali dalam satu pekan.

Baca Juga: Teori Perhatian Part 1

c.       Deskripsi Varian Rasa Minuman yang Diminati

       Varian rasa produk fresh drink yang banyak diminati oleh responden dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 5. Deskripsi Varian Rasa yang Diminati

No.

Kategori Jawaban

Jumlah Responden

Pesentase(%)

1

Coklat

10

29

2

Green Tea

14

41

3

Vanilla

1

3

4

Creamy Taro

1

3

5

Cappucino

8

24

Jumlah

34

100%

       Data pada tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 10 orang atau 29% menyukai rasa coklat, 14 orang atau 41% menyukai rasa green tea, 1 orang atau 3% menyukai rasa vanilla, 1 orang atau 3% menyukai rasa creamy taro, dan 8 orang atau 24% menyukai rasa cappucino, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyukai varian rasa green tea.

d.      Deskripsi Jenis Kemasan yang Diminati

       Jenis kemasan produk fresh drink yang banyak diminati oleh responden dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 6. Deskripsi Kemasan yang Diminati

No.

Kategori Jawaban

Jumlah Responden

Pesentase(%)

1

Botol Plastik

14

41

2

Paper Cup

10

29

3

Cup Plastik

10

29

Jumlah

34

100%

       Data pada tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 14 orang atau 41% menyukai kemasan botol plastik, 10 orang atau 29% menyukai kemasan paper cup, dan 10 orang atau 29% menyukai kemasan cup plastik,  sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyukai kemasan produk botol plastik.

e.       Deskripsi Harga yang Ditawarkan

     Harga yang ditawarkan dari produk fresh drink sesuai dengan hasil penelitian dapat dilihat pada tabel berikut.

Tabel 7. Deskripsi Harga

No.

Kategori

Jumlah Responden

Pesentase(%)

1

Setuju

33

97

2

Tidak Setuju

1

3

Jumlah

34

100%

      Data pada tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 33 orang atau 97% setuju dengan harga produk fresh drink yang ditawarkan dan 1 orang atau 3% setuju dengan harga produk fresh drink yang ditawarkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden setuju dengan harga yang ditawarkan.

f.        Deskripsi Keputusan Membeli Produk Fresh Drink

Tabel 8. Deskripsi Keputusan Pembelian dan Daya Tarik

No.

Pertanyaan

Respon

1

Alasan memilih fresh drink

-          Mudah dijangkau

-          Dekat dengan tempat tiggal

-          Harga terjangkau

-          Memiliki rasa yang enak

-          Memilki varian rasa yang berbeda

-          Outlet yang menarik untuk tempat nongkrong bersama teman

2

Daya tarik fresh drink

-          Menyediakan berbagai varian rasa

-          Kemasan yang sederhana dan unik

-          Harga terjangkau

-          Rasa yang enak

 

       Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa alasan responden memilih outlet fresh drink yaitu mudah dijangkau, dekat dengan tempat tiggal, harga terjangkau, memiliki rasa yang enak, outlet yang menarik untuk tempat nongkrong bersama teman, menyediakan berbagai varian rasa, dan kemasan yang sederhana. Hal tersebut menjadi pertimbangan dalam membeli produk fresh drink.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Pengungkapan Diri

E.     Kesimpulan

      Berdasarkan hasil dari penelitian sebagian besar dari responden menyukai produk fresh drink, rata-rata subjek mengunjungi outlet fresh drink 1 sampai 2 kali dalam satu pekan, varian rasa yang paling diminati yaitu green tea dengan kemasan plastik, dan responden setuju dengan harga yang ditawarkan. Fresh drink banyak diminati oleh responden karena memiliki rasa yang enak, harga terjangkau, dan outlet yang mudah dijangkau.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH LAPORAN MINI RISET"

Posting Komentar