CONTOH LAPORAN MINI RISET
MINI RISET
A. Identifikasi
Variabel
Peneitian ini bertujuan mengetahui minat pembelian konsumen pada produk fresh drink. Adapun variabel dalam penelitian ini, yaitu: Variabel Penelitian: Produk minuman fresh drink
B. Definisi
Operasional
Minat pembelian konsumen pada produk fresh drink diukur dengan menggunakan kuesioner yang disusun oleh peneliti berupa pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Kuesioner terdiri dari 8 pertanyaan, diantaranya 6 aitem pertanyaan tertutup dan 2 aitem pertanyaan terbuka.
Baca Juga: Teori Umpan Balik
C. Responden
Penelitian
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dari fresh drink. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan link google form ketika berbelanja di outlet fresh drink.
D. Hasil Penelitian
Deskripsi data data penelitian di
peroleh berdasarkan kategorisasi variabel dengan menggunakan jawaban dari
responden.
1. Deskripsi
Responden Penelitian
Responden dalam penelitian merupakan konsumen
fresh drink. Responden dalam penelitian berjumlah 33 orang yang berusia
16-34 tahun. Berikut ini adalah gambaran deskripsi responden.
a. Dekripsi
Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
Tabel 1. Deskripsi Responden Berdasarkan Jenis Kelamin
No. |
Jenis
Kelamin |
Jumlah Responden |
Persentase
(%) |
1 |
Perempuan |
29 |
85 |
2 |
Laki-laki |
5 |
15 |
Jumlah |
34 |
100% |
Berdasarkan
data di atas dapat diketahui bahwa dari 34 responden penelitian, terdapat 29
orang atau 85% responden berjenis kelamin perempuan dan 5 orang atau 15%
responden berjenis kelamin laki-laki, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar subjek dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan.
Baca Juga: Sugesti terhadap Kepercayaan Diri
b. Dekripsi
Responden Berdasarkan Usia
Tabel 2. Deskripsi
Responden Berdasarkan Usia
No. |
Usia |
Jumlah Responden |
Persentase
(%) |
1 |
16 |
3 |
9 |
2 |
17 |
16 |
47 |
3 |
18 |
7 |
21 |
4 |
19 |
1 |
3 |
5 |
21 |
1 |
3 |
6 |
23 |
2 |
6 |
7 |
29 |
1 |
3 |
8 |
31 |
1 |
3 |
9 |
34 |
1 |
3 |
Jumlah |
34 |
100% |
Berdasarkan data di atas dapat diketahui bahwa dari 34 responden penelitian, terdapat 3 orang atau 9% responden berusia 16 tahun, 16 orang atau 47% responden berusia 17 tahun, 7 orang atau 21% responden berusia 18 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 19 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 21 tahun, 2 orang atau 6% responden berusia 23 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 24 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 29 tahun, 1 orang atau 3% responden berusia 31 tahun, dan 1 orang atau 3% responden berusia 34 tahun, sehingga dapat disimpulakn bahwa sebagian besar responden dalam penelitian ini berusia 17 tahun.
2. Deskripsi
Data Peneltian
a. Deskripsi
Respon Konsumen
Kuesioner riset pasar ini terdiri dari 8
pertanyaan untuk melihat respon konsumen setelah pembelian minuman fresh
drink. Respon konsumen dapat dilihat pada tabel berikut.
Baca Juga: Teori Bahasa Part 1
Tabel 3. Deskripsi Respon Konsumen setelah Pembelian
No. |
Kategori |
Jumlah Responden |
Pesentase(%) |
1 |
Suka |
32 |
94 |
2 |
Biasa Saja |
2 |
6 |
3 |
Tidak Suka |
- |
- |
Jumlah |
34 |
100% |
Data pada tabel di atas menunjukkan
bahwa terdapat 32 orang atau 94% menyukai produk fresh drink dan 2 orang
atau 6% orang biasa saja terhadap produk fresh drink, sehingga dapat
disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyukai produk fresh drink.
b. Deskripsi
Kuantitas Pembelian Produk Fresh Drink
Kuantitas pembelian produk fresh
drink dalam satu pekan dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 4. Deskripsi Kuantitas Pembelian Produk Fresh Drink
No. |
Kategori |
Jumlah Responden |
Pesentase(%) |
1 |
Setiap Hari |
3 |
9 |
2 |
1 Kali/Pekan |
9 |
26 |
3 |
2 Kali/Pekan |
11 |
32 |
4 |
3 Kali/Pekan |
4 |
12 |
5 |
4 Kali/Pekan |
7 |
21 |
Jumlah |
34 |
100% |
Data pada tabel di atas menunjukkan
bahwa terdapat 3 orang atau 9% yang setiap hari berkunjung ke outlet fresh drink , 9 orang atau 26% yang 1
kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet
fresh drink, 11 orang atau 32% yang 2 kali dalam satu pekan berkunjung
ke outlet fresh drink, 4 orang
atau 12% yang 3 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet fresh drink, dan 7 orang atau 21% yang
1 kali dalam satu pekan berkunjung ke outlet
fresh drink, sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar
responden mengunjungi outlet fresh drink 2 kali dalam satu pekan.
Baca Juga: Teori Perhatian Part 1
c.
Deskripsi Varian Rasa Minuman yang
Diminati
Varian rasa produk fresh drink yang banyak diminati oleh responden dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 5. Deskripsi Varian Rasa yang Diminati
No. |
Kategori Jawaban |
Jumlah Responden |
Pesentase(%) |
1 |
Coklat |
10 |
29 |
2 |
Green Tea |
14 |
41 |
3 |
Vanilla |
1 |
3 |
4 |
Creamy Taro |
1 |
3 |
5 |
Cappucino |
8 |
24 |
Jumlah |
34 |
100% |
Data pada
tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 10 orang atau 29% menyukai rasa
coklat, 14 orang atau 41% menyukai rasa green tea, 1 orang atau 3%
menyukai rasa vanilla, 1 orang atau 3% menyukai rasa creamy taro, dan 8
orang atau 24% menyukai rasa cappucino, sehingga dapat disimpulkan bahwa
sebagian besar responden menyukai varian rasa green tea.
d. Deskripsi
Jenis Kemasan yang Diminati
Jenis kemasan produk fresh drink yang
banyak diminati oleh responden dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 6. Deskripsi Kemasan yang Diminati
No. |
Kategori Jawaban |
Jumlah Responden |
Pesentase(%) |
1 |
Botol Plastik |
14 |
41 |
2 |
Paper Cup |
10 |
29 |
3 |
Cup Plastik |
10 |
29 |
Jumlah |
34 |
100% |
Data pada
tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 14 orang atau 41% menyukai kemasan
botol plastik, 10 orang atau 29% menyukai kemasan paper cup, dan 10
orang atau 29% menyukai kemasan cup plastik,
sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden menyukai
kemasan produk botol plastik.
e. Deskripsi
Harga yang Ditawarkan
Harga yang ditawarkan dari produk fresh
drink sesuai dengan hasil penelitian dapat dilihat pada tabel berikut.
Tabel 7. Deskripsi Harga
No. |
Kategori |
Jumlah Responden |
Pesentase(%) |
1 |
Setuju |
33 |
97 |
2 |
Tidak Setuju |
1 |
3 |
Jumlah |
34 |
100% |
Data pada
tabel di atas menunjukkan bahwa terdapat 33 orang atau 97% setuju dengan harga
produk fresh drink yang ditawarkan dan 1 orang atau 3% setuju dengan
harga produk fresh drink yang ditawarkan, sehingga dapat disimpulkan
bahwa sebagian besar responden setuju dengan harga yang ditawarkan.
f.
Deskripsi Keputusan Membeli Produk Fresh
Drink
Tabel 8. Deskripsi Keputusan Pembelian dan Daya Tarik
No. |
Pertanyaan |
Respon |
1 |
Alasan
memilih fresh drink |
-
Mudah
dijangkau -
Dekat
dengan tempat tiggal -
Harga
terjangkau -
Memiliki
rasa yang enak -
Memilki
varian rasa yang berbeda -
Outlet
yang menarik untuk tempat nongkrong bersama teman |
2 |
Daya
tarik fresh drink |
-
Menyediakan
berbagai varian rasa -
Kemasan
yang sederhana dan unik -
Harga
terjangkau -
Rasa yang
enak |
Berdasarkan
tabel di atas menunjukkan bahwa alasan responden memilih outlet fresh drink yaitu
mudah dijangkau, dekat dengan tempat tiggal, harga terjangkau, memiliki rasa
yang enak, outlet yang menarik untuk tempat nongkrong bersama teman, menyediakan
berbagai varian rasa, dan kemasan yang sederhana. Hal tersebut menjadi
pertimbangan dalam membeli produk fresh drink.
Baca Juga: Pentingnya Melakukan Pengungkapan Diri
E. Kesimpulan
Berdasarkan
hasil dari penelitian sebagian besar dari responden menyukai produk fresh
drink, rata-rata subjek mengunjungi outlet fresh drink 1 sampai 2
kali dalam satu pekan, varian rasa yang paling diminati yaitu green tea dengan
kemasan plastik, dan responden setuju dengan harga yang ditawarkan. Fresh
drink banyak diminati oleh responden karena memiliki rasa yang enak, harga
terjangkau, dan outlet yang mudah dijangkau.
0 Response to "CONTOH LAPORAN MINI RISET"
Posting Komentar